TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19, UTBK DI ITK BERLANGSUNG LANCAR

PERPANJANGAN SELEKSI MANDIRI TERPADU ITK – SUMMIT 2020
03/07/2020
GELAR LIVE STREAMING, ITK MENJAWAB KEBUTUHAN INFORMASI PESERTA UTBK
06/07/2020
Tunjukkan semua

TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19, UTBK DI ITK BERLANGSUNG LANCAR

Balikpapan – Hari ini, Minggu 5 Juli 2020, Institut Teknologi Kalimantan melaksanakan UTBK dengan lancar. Seperti diketahui, saat ini di wilayah seluruh Indonesia sedang dalam masa New Normal akibat Covid-19. Hal ini juga mempengaruhi keberlangsungan UTBK di ITK, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat “hari ini UTBK di ITK berlangsung dengan lancar, peserta taat mengikuti semua himbauan dari kami” Ungkap Humas ITK, Diah A Oktaviany.

ITK diketahui sebagai salah satu pusat UTBK yang tidak mensyaratkan rapid test sebagai dokumen pendukung yang harus dipenuhi oleh peserta, menanggapi hal ini Diah melanjutkan “Kami dari awal sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Balikpapan melalui Satgas Covid-19 Balikpapan mengenai penyelenggaraan UTBK ini. Setelah di analisis situasi dan kondisinya, maka ditetapkan bahwa peserta yang berdomisili di Kalimantan Timur di perbolehkan untuk tidak menyertakan hasil rapid test sebagai persyaratan”. Diah juga menambahkan bahwa bagi peserta yang berasal dari luar Kalimantan Timur yang telah berada di wilayah kaltim selama lebih dari 14 hari, tetap diperbolehkan mengikuti UTBK tanpa hasil rapid test”.

ITK juga mengadakan pendataan bagi peserta UTBK yang berdomisili di luar kaltim untuk mengetahui lokasi detail keberadaan saat ini. “kami telah mengumpulkan data dari peserta tes UTBK di luar kaltim untuk melakukan tracking keberadaan mereka ter-update, karena akan terpengaruh kebijakan rapid test” Ungkap Barokatun Hasanah, Ketua Pelaksana UTBK ITK.

Walaupun demikian ITK menjalankan UTBK dengan prosedur kesehatan yang sangat ketat. Peserta UTBK ITK di wajibkan untuk menggunakan 3 APD yakni : Masker, Sarung Tangan dan Faceshield. “berbagai bahan sosialisasi mengenai protokol kesehatan ini, telah kami berikan kepada peserta UTBK semenjak pertengahan Juni 2020. Dari mulai ketentuan APD, Prosedur Protokol Kesehatan, hingga ketentuan tidak boleh ada orang tua yang menunggu di area kampus. sosialisasi ini telah kami lakukan di berbagai media informasi resmi ITK seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Bahkan kami juga sudah mengadakan dialog interaktif dengan peserta UTBK di tanggal 30 Juni 2020 kemarin melalui Live Streaming di media sosial kami” Ungkap Diah.  Peserta UTBK ITK juga bisa mendapatkan semua informasi ini melalui link bit.ly/UTBKITK2020 yang akan memuat ketentuan-ketentuan selama pelaksanaan UTBK dari mulai denah, jadwal, hingga protokol kesehatan.

ITK juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan untuk memfasilitasi penyediaan Tenaga Medis dan Ambulance untuk berjaga selama kegiatan UTBK berlangsung. Pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat juga terlihat dari susunan rute perjalanan peserta UTBK yang telah di setting oleh panitia pelaksana. “kami memang memisahkan Gedung untuk ruang tunggu dan pelaksanaan tes UTBK, untuk menghindari penumpukan massa dan meminimalisir interaksi. Selama perjalananan, 1 kelompok terdiri dari 15-30 Peserta UTBK yang dipandu oleh 1 orang petugas untuk menjaga physical distancing selama perjalanan” Barokatun menjelaskan. Lebih lanjut Diah menambahkan “ kami juga berkoordinasi dengan BPBD untuk melakukan sterilisasi kampus pada setiap pergantian sesi, ini juga upaya kami dalam menjalankan protokol kesehatan”

 

Tidak hanya Peserta UTBK yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat, akan tetapi pengawas dan panitia pun harus lolos screening untuk dapat bertugas saat UTBK berlangsung, diantaranya berada di wilayah balikpapan setidaknya 14 hari sebelum UTBK berlangsung, dan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum bertugas “kami upayakan semaksimal mungkin untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, baik untuk peserta, panitia maupun pengawas” ungkap Diah.

ITK berkomitmen untuk menjadi institusi yang mengedepankan keterbukaan informasi dan melayani peserta UTBK dengan maksimal. Di tengah pandemi seperti ini, demi keamanan bersama diperlukan kerja sama yang baik antara pusat UTBK dan peserta UTBK sendiri, sehingga ITK berusaha semaksimal mungkin untuk menyelenggarakan UTBK ini dengan aman dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 

HAY | Humas ITK

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *