TIM INSITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN MERAIH JUARA HARAPAN 2 PADA LOMBA LINTAS ALAM 2019

CALL FOR PAPER..!!
10/07/2019
PERUBAHAN SISTEM PEMBAYARAN UKT 2019
10/07/2019
Tunjukkan semua

TIM INSITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN MERAIH JUARA HARAPAN 2 PADA LOMBA LINTAS ALAM 2019

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day (WED) merupakan sebuah kampanye pelestarian lingkungan hidup paling besar di dunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Tema yang diusung pada peringatan hari lingkungan hidup tahun 2019 adalah “polusi udara”.

Kota Balikpapan dibawah Dinas Lingkungan Hidup mengadakan kegiatan Lomba Lintas Alam (LLA) Tahun 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin untuk memperebutkan piala bergilir walikota Balikpapan. Tahun 2019, LLA 2019 diadakan pada hari Sabtu, tanggal 6 Juli 2019 karena pada tanggal 5 Juni 2019 bertepatan dengan hari raya Idul Fitri.

Adapun persyaratan dari LLA 2019 adalah sebagai berikut: 1 tim terdiri dari 5 orang (setiap perusahaan/OPD/Komunitas/PA dibatasi 2 tim), Mengisi formulir pendaftaran, Membayar uang pendaftaran Rp. 200.000 per tim, menandatangani surat pernyataan. Adapun fasilitas yang didapat adalah: Makan siang, snack, ID card dan kupon doorprize. Institut Teknologi Kalimantan (ITK) mengirimkan 2 tim pada LLA 2019. Tim Pertama diketuai oleh Luh Putri Adnyani (Dosen Teknik Kelautan) dengan nama tim unyu-unyu dan tim kedua dengan ketua Ade Wahyu Yusariarta (Dosen Teknik Material dan Metalurgi) dengan nama tim yoweslah.

   

Kelengkapan tim yang perlu dipersiapkan antara lain: Membawa Tumbler, Membawa HP berkamera, Membawa papan scanner dan alat tulis, Obat-obatan pribadi, Kelengkapan Pribadi lainnya. Adapun kriteria perlombaan adalah Dinamika Tim (Nilai Maksimal 100) yang meliputi keseragamanan anggota, keutuhan tim dan kekompakan dari start hingga finish; Ketepatan Waktu (Nilai Maksimal 100) meliputi Penilaian ketepatan waktu yang ditentukan dalam pelaksanaan lomba (Waktu 2,5 Jam), apabila terlambat start nilai waktu dikurangi -10; Yel-Yel (Nilai Maksimal 100) meliputi Kekompakan berbagai aspek dalam penyampaian Yel Yel (maksimal 2 Menit), Inovasi Penyelamatan Lingkungan (Nilai Maksimal 100) meliputi Kegiatan yang bernilai positif saat pelaksanaan lomba dan Quis  (Nilai Maksimal 100) yaitu soal tertulis dan mendapat nilai jika Jawaban benar dan tulisan jelas dalam pengisian quis.

Setelah melalui jalur tracking sepanjam 8 km yang berada di lingkungan Kebun Raya Balikpapan sepanjang 2,5 jam, serta beristirahat dan makan siang, saatnya pengumuman pememang dan tim yoweslah dinyatakan sebagai juara harapan 2. Disamping itu beberapa anggota tim ITK juga mendapatkan doorprize berupa kompor gas, voucher makan dan voucher belanja.

      

“Semoga tahun depan, ITK juga bisa ikut berpartisipasi pada LLA 2020 dan kegiatan sejenis seperti ini lainnya. Apalagi ketika kegiatan berlokasi di Kebun Raya Balikpapan yang merupakan tetangga dekat dari ITK. Dan sehendaknya, kita sebagai generasi muda harus lebih aware terhadap lingkungan kita untuk masa depan anak cucu kita nantinya. Jika kita tidak menjaganya, siapa lagi? Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi mulainya? Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan kita, dan semuanya dimulai dari kesadaran kita masing-masing”, papar Luh Putri.

 

Luh Putri Adyani | Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *