Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan meraih penghargaan Finalist Top 20 dari 2025 Peserta Nasional pada Pertamuda Seed And Scale 2021. Pada ajang tersebut diwakili oleh 5 mahasiswa ITK Program Studi Teknik Industri angkatan 2019 yang beranggotakan Roid Kesuma Senogi, Sekar Dwi Jayanti, Meisy Sarlawati, Rafi Fauzan, dan Alven Devo mereka dibawah bimbingan dan arahan ibu Winarni, S.Si. M.Si. dosen program studi Matematika. Pertamuda Seed And Scale merupakan program yang bertujuan untuk membantu Pemerintah menciptakan wirausaha muda dan lapangan kerja sebagai bagian dari kontribusi BUMN, terutama dalam mendukung pembangunan ekonomi kreatif yang mempunyai nilai inovasi dan berkelanjutan. Kegiatan ini berlangsung dari 27 Agustus sampai dengan 1 September 2021. Adapun judul dari inovasi usaha mereka adalah “Verticrab (Apartemen Kepiting): Inovasi Teknologi Budidaya Kepiting Soka dengan menggunakan Metode Vertical Farming Indoor dan Resirculating Aquakultur System (RAS)

Gambar 1. Tim Verticrab ITK

Latar belakang mengapa inovasi teknologi mereka hadir ialah dikarenakan potensi perikanan sangatlah besar dan luas. Namun masi belum ada teknologi yang mampu membantu para petambak dalam memproduksi kepiting dan hal ini lah yang mendasari Tim Verticrab untuk mengembangkan teknologi mereka untuk mampu menjadi solusi permasalahan dalam pembudiyaan kepiting terlebih di Kota Balikpapan yang memiliki sektor perikanan yang sangat besar namun hasil produksi masih sangat belum optimal dan tujuan Tim Verticrab adalah mereka ingin memberikan pengenalan sebuah teknologi yang mampu membantu para petambak dalam membudidayakan kepiting dengan lebih efektif dan efisien serta menghasilkan hasil yang sangat optimal dan pada teknologi usaha mereka telah dilakukan riset dari tahun 2020 hingga sekarang dengan menggunakan 72 prototype yang tim verticrab miliki. Harapan dari teknologi tersebut mampu menjadi salah satu teknologi yang dapat dipasarkan dan menjadi bisnis baru dalam bidang teknologi terutama dalam sektor perikanan

Kemudian berbicara mengenai alasan tim untuk mengikuti kompetisi ini adalah karena mereka sangat yakin bahwa inovasi teknologi yang mereka buat mampu menjadi salah satu solusi bagi permasalahan yang ada dan hal tersebut tentunya yang menjadi alasan paling dasar bagi tim untuk mengikuti Pertamuda Seed And Scale 2021.Persiapan yang mereka lakukan adalah melakukan perencanaan analisis biaya dalam alat untuk dapat mampu menjadi sebuah ide bisnis di bidang teknologi berkelanjutan dan tentunya berdampak positif kepada petambak tradisional dan mereka selalu rajin belajar melakukan persiapan untuk pitching.

Gambar 2. Kegiatan Pertamuda Seed And Scale 2021.

Pengalaman yang yang didapatkan terutama yang dirasakan oleh Sekar dan Roid sebagai delegasi dalam perlombaan ini untuk pitching bersama mentor atau juri cukuplah sangat berharga yang dimana mereka banyak mendapatkan ilmu baru tidak hanya sekedar pelombaan saja namun mereka diberikan bimbingan untuk mengembangakan bisnis yang bisa menjadi catatan baru bagi team mereka. Selama 4 hari Sekar dan Roid dibimbing dan diajarkan mengenai dunia bisnis dan start up dan hal ini menurut Sekar merupakan ilmu yang cukup mahal yang tidak setiap lomba ada. Maka, mereka sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina Persero yang memberikan lomba yang cukup berkesan bagi team Verticrab dan juga kepada dosen pembimbing ibu winarni serta ibu maritha yang selalu memberikan semangat kepada seluruh anggota tim, selain itu juga kepada Zulfadli (alumni Teknik Material dan Metalurgi 2015 ITK) yang membantu tim dan sudah merekomendasikan mereka untuk mengikuti lomba ini serta kepada kepada para dosen Teknik Industri kemudian teman-teman satu jurusan yang sudah memberikan semangat dan dukungan kepada team mereka. Pesan dari Tim Verticrab adalah berharap semoga kedepannya tim mampu membawa nama ITK dalam perlombaan lain dan memberikan dampak positif serta semangat baru bagi mahasiswa ITK lainnya. Kata-Kata yang bisa saya sampaikan adalah janganlah lelah dalam menggapai cita-cita mu dan jangan lelah untuk selalu berusaha dalam membesarkan nama kampus Perjuangan yaitu kampus kebanggan kami ITK, “Ucap Sekar”.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •