Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan dalam hal ini akan menjadi salah satu perguruan tinggi yang akan menadakan seleksi tes SBMPTN 2022. Tentunya pada SBMPTN nantinya calon mahasiswa baru harus dapat menentukan pilihan program studi yang ingin didaftarkan, dimana terdiri dari 2 program studi pada satu kampus ataupun satu program studi pada 2 kampus yang berbeda. Berikut ini adalah tips memilih program studi SBMPTN yang dapat dibagikan untuk calon mahasiswa baru yang akan mendaftar.

1. Kenali ketertarikan dirimu

Sekarang coba analisa apa yang menjadi ketertarikan diri kamu kedepannya baik itu misalnya energi, lingkungan, otomotif, kesehatan, pangan. Hal yang diri kamu sukai maka akan membuat akan enjoy dalam menjalankannya jadi bisa kenali dulu ya apa yang kamu sukai dan jruusan apa yang sejenis atau masuk bidang tersebut.

2. Kenali kemampuan dirimu

Untuk kalian yang ingin mendaftarkan diri coba kenali kemampuan diri kalian apa yang kalian bisa lakukan. Misal kalian suka programing maka kemampuan diri kamu cocok untuk bidang program studi yang mengarah ke hal digital atau informatika. Kemampuan diri yang dimiliki juga berpengaruh dalam pertimbangan untuk memilih program studi kuliah

3. Kenali kepribadian dirimu

Kenali kepribadian kamu termasuk tipe yang mana karena akan membantu dalam memilih dan menjalankan perkuliahan

a. Sanguinis Tipe kepribadian ini biasanya dimiliki oleh para eksrtovert. Orang dengan tipe sanguinis memiliki sifat yang periang, ceria, hangat, bersahabat, dan banyak bicara. Sanguinis terkenal dengan sifat optimismenya yang tinggi, sehingga tak heran bahwa sosok ini percaya bahwa hidup dipenuhi oleh berbagai macam pengalaman yang menyenangkan dan harus dinikmati sebaik-baiknya.

b. Koleris Kepribadian koleris dikenal memiliki sifat yang menggebu-gebu, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan bersifat dominan jika bersama dengan orang lain. Orang dengan kepribadian ini dikenal memiliki visi dalam hidupnya dengan sifat yang tegas, jiwa kepemimpinannya kuat, dan bersifat mandiri serta tangguh. Pekerjaan yang biasanya cocok dengan kepribadian ini adalah seorang pemimpin di sebuah perusahaan atau toko, teknik, statistik, dan perencanaan di bidang industri.

c. Plegmatis dikenal sebagai pribadi yang mencintai kedamaian. Didominasi oleh orang-orang introvert. Karena cinta kedamaian, orang dengan tipe kepribadian ini cenderung menciptakan keharmonisan pada orang terdekatnya. Sifat lain yang dimiliki seorang plegmatis adalah setia, tenang, cenderung berpikir dengan kepala dingin, suka membantu orang lain, dan dapat diandalkan dalam situasi apapun. Pekerjaan yang cocok oleh seorang plegmatis adalah guru, psikolog, konseling, dan lain-lain.

d. Melankolis seperti plegmatis, orang dengan kepribadian melankolis juga didominasi oleh orang introvert. Kepribadian melankolis bertolak belakang dengan sanguinis. Jika sanguinis menyukai hal-hal yang baru dan berbau petualangan, maka melankolis sebaliknya, bahkan lebih menghindari. Melankolis memiliki sifat yang perfeksionis, analitis, sangat teliti, rajin, dan berbakat sehingga tipe ini dikenal sebagai manager fantastis yang berbakat.

(Sumber : yoursay.suara.com diakses pada april 2022)

4. Kenali program studi yang ingin kalian masuki

Bagi kalian yang bingung memilih program studi kalian dapat langsung mengakses website program studi yang kalian inginkan dan kalian pelajari apa saja yang akan dipelajari bila kalian menjadi mahasiswa di program studi tersebut. Carilah info tentang pembahasan di mata kuliah program studi ini dan apa saja yang dipelajari secara garis besar.

5. Jangan lupa meminta pendapat orang disekitarmu

Pastikan kalian diskusi dengan orang terdekat terhadap pilihan program studi yang akan kalian pilih. Mengonsultasikan pilihan program studi dengan orang terdekat, yaitu orang tua, keluarga, kakak, atau orang yang dianggap paham dan mengeri tentang dirimu.

6. Percaya diri terhadap pilihan dirimu

Tentunya kalian harus memiliki motivasi yang besar dan rasa percaya diri yang besar dalam menentukan program studi kedepannya. Karena pilihan tersebut akan menentukan masa depan kalian di dunia pekerjaan dan ketertarikan kalian.

Tetap semangat dalam memilih program studi yang ingin kalian daftarkan pada SBMPTN 2022. Tetap pantau terus website ltmpt.ac.id.

Humas Institut Teknologi Kalimantan



Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Skip to content