Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada (26/03/22) melangsungkan kegiatan sidang terbuka dalam rangka wisuda ke-12 priode maret 2022. Kegiatan wisuda ke-12 ITK kali ini mengukuhkan total 94 sarjana. Pada wisuda kali ini ITK masih melangsungkan kegiatan dengan cara hybrid dimana 12 perwakilan wisudawan hadir di auditorium lab terpadu ITK, kemudian 82 wisudawan lainnya melangsungkan wisuda di kediaman masing-masing. Rangkaian acara pada wisuda kali ini adalah sambutan dari Komisi X DPR Ibu Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, kemudian sambutan dari perwakilan walikota Balikpapan bapak Drs. Sukaryanto, laporan akademik oleh ibu Nurul Widiastuti S.Si,M.Si., Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, pengukuhan wisudawan oleh Rektor ITK Prof.Dr.Ir. Budi Santosa M.Sc, Ph.D., simbolis pemindahan tali toga kepada wisudawan yang ikut serta luring.

Pada wisuda kali ini terdiri dari 13 (tiga belas) program studi yaitu Prodi Matematika, Sistem Informasi, Informatika, Fisika, Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Material dan Metalurgi, serta Teknik Lingkungan. Pada wisuda ke 12 ITK adapun peraih IPK Tertinggi ialah Debora Christina Br.Tinjak dari program studi Matematika, Debora lulus mendapatkan predikat cumlaude dengan IPK 3.87.

Sebelumnya, pada wisuda ke-11 periode Oktober 2021 lalu, ITK meluluskan 355 orang wisudawan. Dengan demikian jumlah wisudawan sampai dengan periode Maret 2022 adalah 1.441 lulusan. Peran dan kontribusi para wisudawan sangat diharapkan untuk pembangunan Bangsa Indonesia ke depan. terlebih dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif terutama dalam rangka perpindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur.

“ITK sebagai perguruan tinggi negeri baru berupaya keras berbenah diri menuju kemajuan dan keunggulan pada berbagai aspek, baik akademik maupun sarana dan prasarana. Di sisi non akademik, Pada tanggal 7 Januari 2022 Institut Teknologi Kalimantan telah meresmikan ULT (Unit Layanan Terpadu) sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik ITK” ucap Prof Budi.

Adanya pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat serta inovasi civitas akademika ITK, hal tersebut tercermin dari perkembangan penelitian yang dikelola LPPM ITK selama kurun waktu 2020–2021 mengalami peningkatan sebesar 28,4% dari jumlah judul penelitian. Demikian pula dengan dana penelitian yang mengalami peningkatan sebesar 31,25%. Pada tahun 2020, kegiatan penelitian berjumlah 68 judul dengan dana penelitian Rp1,1 miliar dan pada tahun 2021, kegiatan penelitian berjumlah 95 judul dengan dana penelitian sebesar Rp1,6 miliar. Dari alokasi anggaran tersebut, dengan data publikasi pada tahun 2021 telah mencapai 1.234 dokumen publikasi ilmiah yang terdiri dari jurnal internasional bereputasi, paper dalam proceeding internasional bereputasi, book chapter dan buku. Dari tahun 2017–2021, terjadi tren peningkatan jumlah publikasi di ITK sebesar 32,1%, dari 144 dokumen publikasi pada tahun 2017 menjadi 212 dokumen publikasi pada tahun 2021. Data publikasi 2021 ini masih akan terus mengalami tren peningkatan mengingat perhitungan publikasi 2021 yang masih berjalan. 

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •