Workshop Kurikulum “Responsible Science”

Depok – Chemical Security Program (CSP) dan Sandia National Laboratories, USA  terus mengkampanyekan budaya keselamatan kerja di laboratorium di berbagai negara. Staf ahli Sandia, Nancy B Jackson, yang sempat menjadi keynote speaker dalam Asian Conference on Safety & Education in Laboratory (ACSEL) 1-2 Desember 2015 di Universitas Indonesia, juga menjadi pemateri tunggal dalam Workshop on Responsible Science Curriculum Development pada tanggal 3-4 Desember 2015. Nancy B Jackson merupakan tokoh yang sangat dikenal di kalangan para ahli kimia. Nancy pernah menjabat sebagai President American Chemical Society (ACS) pada tahun 2011.

Workshop ini dihadiri oleh 12 akademisi dari berbagai perguruan tinggi ternama, antara lain M. Abdulkadir Martoprawiro (ITB/HKI), Prof. Sumi Hudiyono (UI), Prof. Fatma Lestari (UI), Rurini Retnowati (UB), Deden Saprudin (IPB), Ashadi Sasongko (ITK Balikpapan), Henry Tambunan (Ristekdikti) dan beberapa akademisi lainnya. Para akademisi tersebut merumuskan kurikulum sains yang tak hanya bermuatan keahlian & keterampilan tetapi juga memperhatikan tanggung jawab & kesadaran akan pentingnya keselamatan & keamanan utamanya yang berkaitan dengan bahan-bahan kimia.

Beberapa topik yang dihasilkan dalam workshop ini diharapkan dapat menjadi muatan kurikulum di perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Di antara topik tersebut adalah chemical handling, inventory system,  green chemistry, green agriculture, marine natural product, forest management dan global impact. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *