Workshop Peningkatan Kinerja Pengawasan SPI

ITK News Office | Satuan Pengawasan Internal

Dalam rangka meningkatkan kinerja Satuan Pengawasan Internal (SPI) Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menyelenggarakan workshop bertajuk Peningkatan Kualitas Satuan Pengawasan Internal ITK, selama tiga hari, 14 – 16 Desember 2016 di Kampus ITK Karang Joang Balikpapan. Hadir sebagai narasumber Ketua Audit Internal Institut Pertanian Bogor (IPB), Wonny Ahmad Ridwan.

Wonny menjelaskan SPI berperan sebagai konsultan dan mitra bagi manajemen perguruan tinggi, bukan lagi sebagai wacthdog sebagaimana diasumsikan oleh era-era sebelumnya. Selain itu pendekatan yang dilakukan oleh lembaga ini lebih kepada pencegahan atau preventif, bukan detektif.

Pelatihan ini dihadiri oleh 28 peserta anggota SPI ITK yang beranggotakan dosen dan tenaga kependidikan. Ketua SPI ITK, Basyaruddin mengatakan workshop tersebut merupakan acara pertama yang diselenggarakan setelah Tim SPI disahkan pada awal tahun 2016 lalu.

“Kami ingin meningkatkan pemahaman dan kemampuan pengawasan anggota SPI sehingga semakin maksimal dalam menjalankan tugasnya,” ujar Basyar.

Selain memberikan pemaparan tentang peran SPI di lingkungan kampus, pada sesi terakhir Wonny juga memberikan studi kasus kepada peserta sehingga peserta terjun langsung ke lapangan. Peserta dibagi menjadi 2 Tim Besar yang terdiri dari Tim Audit Konstruksi dan Tim Audit Pengadaan Peralatan.

Reo Surya Delma untuk Humas ITK

Editor: RJP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *