YAYANG ANANDA PUTRA MENJADI PERWAKILAN KALTIM DALAM AJANG JPI NASIONAL

Balikpapan – Setelah melalui proses panjang, Yayang Ananda Putra (Teknik Sipil, 2017) berhasil mewakili Kalimantan Timur dalam ajang Jambore Pemuda Indonesia (JPI 2019). Acara yang dilaksanakan di Tondano, Kab. Minahasa, Prov. Sulawesi Utara ini memiliki tema “Merajut Keberagaman” dengan tujuan untuk memupuk rasa kesatuan dan persatuan bangsa, meningkatkan rasa cinta tanah air, memahami keanekaragaman adat istiadat, seni dan budaya Indonesia serta meningkatkan keterampilan & kreativitas pemuda untuk bekal menjadi pelopor penggerak pembangunan NKRI.

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu ini diwarnai beragam rangkaian acara mulai dari Welcome Dinner, Pengangkatan hama eceng gondok, Pentas Seni, Field Trip, Ibadah kebaktian, Seminar kebangsaan dengan tema “Sosialisasi Dasar Bela Negara”, Pawai budaya serta beragam kegiatan lainnya.

Adapun proses seleksi untuk mengikuti ajang ini dimulai dari seleksi tiap Kabupaten dalam Jambore Pemuda Cabang(JPC) yang selanjutnya melalui tahap seleksi kabupaten/kota di Provinsi atau biasa disebut Jambore Pemuda  Daerah (JPD) hingga terpilih 12 orang perwakilan dari 9 Kabupaten/Kota yang hadir untuk mengikuti Jambore Pemuda Indonesia /JPI.

“Kesannya pasti luar biasa karena pertama kalinya juga bagi saya mengikuti kegiatan Nasional seperti ini, banyak hal yang bsa di petik dan di manfaatkan. Saya memiliki pesan untuk seluruh pemuda Indonesia khususnya mahasiswa ITK jangan pernah takut untuk mencoba hal baru dan permasalahan baru karena Nelayan yang hebat tidak lahir dari ombak yang tenang . Harapannya semoga saja kegiatan-kegiatan positif ini jauh lebih banyak lagi dan Mahasiswa ITK mampu ikut merajut keberagaman yang ada di Nusantara. Jika kita menggap relasi itu penting, maka JPI adalah jalan terbesar untuk menggapai hal tersebut.  Jangan sia-siakan masa muda agar menjadi manusia yang berguna bagi Bangsa. ” Ungkap Yayang.

“Berkumpul dengan seluruh pemuda di Indonesia merupakan hal yang sangat langka, terlebih lagi mampu bertukar pikiran sekaligus bercerita tentang kebudayaan masing-masing. Setelah JPI, saya sangat percaya bahwa Indonesia itu indah dengan keanekaragaman nya dengan segala kelebihan dan kekurangan nya. Bhinneka Tunggal Ika, Maju bersama untuk INDONESIA!” ucap Yayang.

 

ZTN|Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *